ART of PLC by Rengga

My Life with PLC

Mesin Potong Plastik (Djarum)

              Proyek kali ini benar-benar murni mendesain system dari nol. Baik itu sistem mekanik maupun sistem kontrolnya. Prinsip kerjanya memotong Plastik bungkus rokok Djarum Coklat sesuai dengan yang diinginkan. Awalnya Djarum mencetak bungkus rokok yang plastik dalam bentuk gulungan (seperti gulungan tisu tetapi berdiameter besar), sehingga setiap bungkus rokok masih nyambung secara rentengan. Disini dibutuhkan pemotongan yang persisi karena tiap batas bungkus rokok sudah ditetapkan tanda (mark) untuk batas potongan, dimana toleransi pemotongan tidak boleh melenceng dari tanda ini (+-2mm).
                  Alat pemotong plastik yang berdasarkan panjang tidak akan mampu memotong seakurat ini. Apalagi dibutuhkan kecepatan potong 2potong/detik. Berdasarkan ini semua lalu ditawarkan sistem yang mampu melakukan ini. Saya memakai PLC CPM2B CDT (Transistor Output). Prinsip sederhananya, Mark Sensor akan ON ketika membaca tanda (mark) yang harus dipotong. Sinyal On dari sensor ini akan memerintahkan Motor penarik plastik berhenti(Brake). Bersamaan dengan itu, sebuah Pneumatik (penggerak pisau) akan turun dan memotong plastik tepat di tanda mark yang ada. Begitu Pneumatik naik, akan mengisaratkan Motor penarik plastik untuk berputar lagi. Sensor pun membaca mark lagi dan berhenti lagi…begitu seterusnya. Kelihatannya sederhana, tetapi tidak semudah yang dibayangkan, karena ketidak stabilan akan ada. Dengan penyempurnaan mekanik mesin, maka proyek ini bisa benar-benar selesai dalam waktu +-3bulan (Produksi 30 mesin).
Disini CPM2B diuji keakuratan cycle timenya. dan memang sampai sekarang (berjalan 2thn) CPM2B ini masih kokoh menjalankan tugasnya.

Mei 3, 2007 - Posted by | My Project

15 Komentar »

  1. mmm….aku suka blog ini…bisa belajar plc nih

    Komentar oleh murid | Mei 8, 2007

  2. salam kenal. saya juga suka pake PLC tapi untuk aplikasi pompa. saya terbiasa pake PLC Twido dari Telemecanique. terus terang saya belum pernah membuat program kaya yang sudah dibuat disini. salut deh moga-moga kita bisa kerja sama.

    Komentar oleh nizar alamsyah | September 14, 2007

  3. Kebetulan saya adalah seorang mahasiswa elektro UKSW jurusan instrumentasi dan kontrol. TA saya juga mengenai PLC, saya sangat senang, apalagi saya belum dapat topik. Bila diperkenankan saya akan memakai ide Anda. Apabila ada ide menarik lagi saya sangat berkenan untuk membacanya. Terimakasih.

    Komentar oleh David Sanjaya | September 21, 2007

  4. wah dah pada jago2 ajarin aku yah

    Komentar oleh onix | November 5, 2007

  5. Sama-sama David, mulai bulan Juni ini saya akan kembali menulis kisah saya dengan PLC, jadi ditunggu ya..

    Komentar oleh rengga | Juni 2, 2008

  6. Pak , apakah Tambahan Komponen Yang bapak produksi dapat diterapkan di Mesin Pemotong Plastik PP ? kalau bisa saya berminat untuk bekerja sama dalam perbaikan Mesin saya. thnx

    Komentar oleh Irawan Nugroho | Juni 5, 2008

  7. Prinsip dasar yang utama adalah kontrol memerintahkan kapan rol akan berhenti lalu berjalan lagi. entah penggerak rol itu berupa motor clutch brake atau servo atau motor dc atau yang lainnya.. yang terutama sistem bisa mengatur kapan rol berhenti untuk memotong plastik dan kapan jalan lagi. untuk memotong sebuah produk yang berdasarkan panjang (bukan produk yang bergambar), berarti harus memanfaatkan sebuah sensor panjang (bisa memakai rotary encoder). jika panjang tertentu tercapai maka PLC akan memerintahkan motor berhenti…

    Komentar oleh Adit | Juni 26, 2008

  8. saya ada rencana untuk membuka usaha produksi segala macam plastik, mulai dari daur ulang hingga produksi nya. Saya mohon informasi mesin apa saja yang saya perlukan
    terima kasih atas infonya

    Komentar oleh edwar | September 6, 2008

  9. ^ edwar

    yang paling penting dalam produksi plastik adalah mesin moulding… dimana otaknya adalah extruder

    Komentar oleh rengga | September 16, 2008

  10. Saya mencari mesin pemotong dan penggulung untuk produksi plastik OPP, yg biasa sering digunakan untuk plastik Roti, VCD, Undangan DLL, mohon bapak memberikan informasi dimana bisa mendapatkan nya. Terima kasih.

    Komentar oleh anthony | September 27, 2008

  11. saya pikir ide2nya lumayan, tapi sayang cuma sekedar ilustrasi. Mungkin akan lebih baik jika ada gambar atau mungkin bahkan video dari mesin yang diilustrasikan.

    Komentar oleh arif | Oktober 11, 2008

  12. saya juga tertarik tentang plc dan mesin otomatisasi nih,sekarang ini saya menggembangkan mesin cutting plastik dengan servo,dan mesin sideseal… tolong bila ada ilmu2 baru kita bisa saling transfer knowledge,thanks

    Komentar oleh anton | Juli 30, 2009

  13. Pembuatan trainer kit PLC, kabel PLC & informasi automasi datang aja ke http://www.x-one-automation.blogspot.com

    Komentar oleh ikwan irwanto m | Agustus 17, 2009

  14. Untuk kebutuhan inverter, PLC & Servo dari LS/LG bisa hubungi kami di http://electrical-automation.blogspot.com

    Komentar oleh Listya | Mei 10, 2012

  15. kalo boleh tau biaya untuk merakit sebuah mesin potong plastik + sealer menggunakan PLC berapa mas??

    Komentar oleh yoyok | Juli 19, 2013


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

